Widget HTML Atas

Media Jaringan

     Media jaringan adalah perangkat yang dibutuhkan untuk membangun sebuah jaringan komputer baik hardware maupun software, yaitu minimal dua buah komputer, Network Interface Card ( NIC ), serta perangkat lain seperti HUB,Router dan media transmisi. Media transmisi yang digunakan jaringan komputer sebagai sarana penghubung, ada 2 macam :

  1. Menggunakan kabel
     Jaringan kabel ini biasanya digunakan dalam area lokal, misalnya dalam suatu gedung atau antar gedung dalam suatu lembaga pendidikan. Kabel yang sering digunakan sebagai media transmisi antara lain sebagai berikut :
- Tuisted Pair
     Tuisted Pair adalah sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung ( UTP cables ), dan wicara silang ( crosstalk ) di antara pasangan kabel yang berdekatan
- Coaxial
     Sebuah kabel jaringan media transmisi data terarah. Kabel Coaxial memiliki nama lain BNC kepanjangan dari Bayonet Neur Connector. kabel Coaxial biasa diartikan sebagai kabel sepaksi atau sesumbu. Awalnya kabel Coaxial digunakan untuk kabel antena TV namun karena kemajuan teknologi kabel Coaxial digunakan sebagai media transmisi data jaringan LAN
- Serat Optic
     Dalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.

  2. Media Transmisi tanpa kabel ( Wireless Network )
     Jaringan tanpa kabel ini memberikan keunggulan kepada pemakai untuk dapat mengakses setiap saat dimanapun berada. Sedangkan kekurangan media transmisi ini adalah kemampuan transfer data lebih kecil dibandingkan dengan jaringan kabel UTP ( Unshielded Twisted Pair )

5 Kategori Kabel UTP 

  1. Category ( cat ) 1, digunakan untuk telekomunikasi telepon
  2. Categoty ( cat ) 2, digunakan untuk transmisi data sampai kecepatan 3 Mbps
  3. Category ( cat ) 3, digunakan untuk transmisi data sampai kecepatan 10 Mbps
  4. Category ( cat ) 3, digunakan untuk transmisi data sampai kecepatan 16 Mbps
  5. Category ( cat ) 3, digunakan untuk transmisi data sampai kecepatan 100 Mbps
Identifikasi UTP
  1. T568-A     Trought
  2. T568-B     Cross-Over
Piranti yang berbeda     ( Trought )
Piranti yang sejenis       ( Cross-Over )

Kelebihan :
- Murah
- Mudah di instalasi
- Ukuran kecil
Kekurangan : 
- Rentan terhadap interferensi gelombang elektromaknetik
- Jarak jangkauan nya hanya 100 meter