Senin, 01 Mei 2017

Definisi dan Fungsi Cascading Style Sheet ( CSS )

| Senin, 01 Mei 2017
     Cascading Style Sheet atau lebih sering disebut dengan istilah CSS merupakan salah satu dokumen website yang bertujuan untuk mengatur gaya ( style ) tampilan website. CSS bukanlah sebuah bahasa pemrograman, melainkan sebuah aturan untuk mengendalikan beberapa komponen pada web sehingga akan lebih terstruktur, seragam dan mudah dalam pengaturan saat pendesain sebuah halaman web. CSS merupakan sekitar pembuatan dan pengaturan syle font,warna,jarak,bentuk,dll yang tidak dapat dilakukan dengan elemen - elemen HTML.

     Dapat dikatakan bahwa CSS merupakan pengembang dari HTML dalam hal format dokumen web. Adanya CSS memudahkan kita untuk presentasi dan isi dari web yang dibuat. Selain itu dengan pengguna dari CSS dalam pembuatan web akan memberikan beberapa manfaat seperti berikut :
- Kode HTML menjadi lebih sederhana dan lebih mudah diatur
- Ukuran file menjadi lebih kecil sehingga load file menjadi lebih cepat
- Mudah untuk mengubah tampilan, hanya dengan mengubah file CSS nya saja
- Dapat berkolaborasi dengan Java Script dan merupakan pasangan setiap HTML
- Dapat digunakan dalam hampir semua jenis web browser.

Style pada teks
     Agar lebih menarik, mudah dalam hal pengaturan serta editing, teks pada sebuah halaman web dapat diberikan style dalam kemasan CSS. Pengaturan style tersebut mengikuti banyak properti, diantaranya adalah pewarnaan,pemilihan font, spasi dan lain sebagainya.

Related Posts

Tidak ada komentar: