Rabu, 31 Juli 2019

Animasi Komputer

| Rabu, 31 Juli 2019
   Di pembahasan kali ini, saya tidak lagi membuat tutorial nih seperti sebelumnya. Topik kali ini kita membahas tentang Animasi Komputer,Sejarahnya,Prinsip kerja,Cara pembuatan, dll. Bagi kalian yang belajar animasi tentunya harus tahu dulu sejarah animasi itu sendiri, arti kata animasi dan sampai jenis jenis animasi itu sendiri. Lalu tunggu apa lagi untuk mengetahui itu semua?Simak penjelasannya berikut.

Definisi Animasi Komputer

1. Animasi Komputer adalah seni dan proses menghasilkan gambar bergerak dengan penggunaan komputer. Animasi Komputer merupakan bagian dari bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi komputer secara keseluruhan dikerjakan oleh bantuan mesin komputer. Dari pembuatan karakter,mengatur gerakan pemain dan kamera,pemberian suara, serta special effeknya seperti film film layar lebar seperti Iron Man, semuanya di kerjakan dengan bantuan mesin komputer.

2. Sejarah Animasi Komputer pada tahun 1940-an dan 1950-an, eksperimen yang dilakukan oleh John Whitney dalam komputer grafis sudah dimulai sampain 1960-an, John Whitney juga dianggap sebagai salah satu Bapak Animasi Komputer. Awalnya penggunaan untuk kepentingan ilmiah, teknik dan tujuan penelitian lainnya, pada pertengahan 1960-an eksperimen artistik mulai membuat tampilan, pada pertengahan 1970-an banyak komputer grafis yang melibatkan pencitraan 2 dimensi. Pada akhir 1980-an foto realistis mulai muncul dalam film film layar lebar, dan pada pertengahan 1990-an animasi telah dikembangkan sedimikian rupa hingga ke titik dimana animasi 3 dimensi dapat digunakan untuk seluruh produksi film hingga sekarang ini.

Baca Juga : Cara Membuat Gelas 3D Menggunakan Software Blender

3. Prinsip Kerja Animasi Komputer animasi komputer menggunakan proses yang dikenal sebagain tweening, tweening adalah proses membuat animasi bergerak yang memberi perubahan pada objek di setiap keyframe awal dan akhir sehingga memberikan frame frame baru yang nantinya akan menjadi sebuah animasi. Proses tweening ini untuk mengurangi perkerjaan menggambar ratusan frame yang terlihat, seorang animator komputer menggambarkan frame dan menguploadnya ke dalam, dimana program tersebut untuk mengisi frame di antara(in between) yang biasa di kenal dengan interpolation, hasil dari interpolasi ini tidak selalu sesuai dengan apa yang animator inginkan. Program ini menggunakan algoritma yang canggih untuk menghitung berapa obyek terlihat ketika bergerak, ini adalah proses rumit yang membutuhkan waktu untuk menguasainya.

4. Cara Pembuatan Kerja Animasi Komputer cara kerja animasi komputer dimulai dari pra-produksi - produksi - post produksi, yang dimana pra produksi biasanya para animator membuat konsep, skenario, pembentukan  karakter, storyboard, musik, dll. Untuk produksi dimana animator membuat semua yang sudah di rencanakan di pra produksi seperti layout, key motion, pewarnaan, scanning,dll. Di proses terakhir ini animator diminta untuk menyelesaikan karya nya / animasinya seperti editing, rendering, disini rendering bisa di jadikan berbagai media seperti DVD,VCD, CD, dll.

5. Konsep Dasar Penciptaan Animasi Komputer

a. Manual metode ini mengandalkan kemampuan sang animator dalam membuat animasi, metode ini merupakan metode yang mengandalkan imajinasi sang animator yang merekayasa animasinya seolah olah itu nyata. Biasanya digunakan untuk animasi bergenre kartun seperti Cars, Finding Nemo dll.

b. Motion Capture metode ini menggunakan bantuan karakter alinya dan dipindahkan gerakannya dengan alat motion capture ini, metode ini akan membuat gerakan yang sama dengan aslinya, hanya saja diberi tambahan spesial efek. Misalnya pada film Lord Of The Ring.

c. Dynamic Simulation metode kali ini membutuhkan perhitungan fisika pada objek yang akan di animasikan dan disimulasikan secara realtime. Sebelum objek di animasikan sang animator perlu menghitung misalnya berat massa benda, gaya gravitasi, benturan, kekuatan angin,dll. Contoh animasi menggunakan metode dynamic simulation seperti percikan air, benda hancur, rambut,dll.

d. Particle ini adalah metode terakhir, yakni kumpulan sebuah objek yang dapat di animasikan secara bersamaan membentuk sebuah pola, misalnya asap, api, hujan, salju,dll.

Baca Juga : Menggabungkan Gambar Bitmap Dengan Layer Masking | Tutorial Photoshop Untuk Pemula

6. Jenis Animasi Komputer
Animasi Komputer dibagi menjadi 2 yaitu Animasi 2 dimensi dan 3 dimensi
a. Animasi 2 Dimensi dibuat dan diedit menggunakan bitmap 2D untuk menggunakan vektor 2D. Teknik ini meliputi versi komputer dari tweening, morphing, onion skinning, dan rotoscope terinterolasi.

b. Animasi 3 Dimensi dibuat di komputer menggunakan polygon. Demi memungkinkan meshes ini bergerak diberikan rangka digital. Proses ini disebut rigging. Teknik lain juga dapat diaplikasikan, seperti fungsi matematika, bulu atau rambut simulasi,dll. Contoh: Shrek dan The Wild.

Itu saja yang bisa saya sharing, mohon maaf jika ada salah dalam penulisan, tutur kata, dan lain sebagainya, terimakasih sudah berkunjung di blog saya, semoga ilmu kali ini bermanfaat ya..

Related Posts

Tidak ada komentar: