Widget HTML Atas

Contoh Thread Untuk Sistem Operasi Berbasis Android

Sebelum masuk ke pembahasan, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu thread. Apa itu Thread? Thread adalah sekumpulan perintah yang dilakukan secara sejajar dengan ulir yang lainnya dengan menggunakan cara time slice, ulir hampir sama dengan proses tetapi yang membedakan adalah sumber dayanya.

Salah satu hal yang paling penting dalam suatu pembuatan aplikasi berbasis mobile adalah penggunakan thread, penggunaan thread sangat diperlukan karena untuk menghindari adanya deadlock pada suatu layanan.



Kenapa harus menggunakan thread?  karena untuk men-create proses mahal dari sisi resources dibandingkan thread dan komunikasi antar thread lebih mudah dibandingkan antar proses.  Kasus yang menarik di desktop adalah browser Chrome vs Firefox. Setiap tab pada Chrome menggunakan proses yang berbeda, sedangkan Firefox menggunakan thread yang berbeda untuk setiap tab. sebagai contoh, kalian buka task manager dan membuka banyak tab di chrome maka di task manager akan menampilkan ekstensi chrome.exe dan kalian bisa end task semua tab melalui task manager itu sendiri.

Terlepas dari itu penggunaan multi thread atau multi proses ternyata bisa menimbulkan masalah loh seperti masalah sinkronasi, deadlock, rare condition dan starvation. Program juga lebih sulit untuk di debug dan kinerja lebih jelek, walaupun java dan android telah menyediakan berbagai library untuk mempermudah dalam pembuatan si program tersebut.

Android setiap aplikasinya dijakankan maka memiliki thread utama yang biasa disebut main thread / UI thread. Berikut  aturan yang harus kalian pegang :
  1. Jangan pernah block UI thread, seperti contohnya memencet tombol yang akan menjalankan aplikasi secara terus-terusan (loop) sampai sejuta kali akhirnya user interface akan macet sehingga muncul pesan error ANR( App Not Responding)
  2. Jangan pula Mengakses komponen UI di luar UI thread. Misal ada thread kedua dan thread satunya mengakses button, dan sejenisnya. Ini akan menyebabkan munculnya pesan error yaitu error yang tidak terduga

referensi : http://strangerrr31.blogspot.com/2017/10/thread-untuk-os-android.html
referensi : http://captishal.blogspot.com/2017/10/contoh-thread-pada-android.html

No comments for "Contoh Thread Untuk Sistem Operasi Berbasis Android"