Hari Buruh 1 Mei Diadakan Online? Serta Sejarah Singkatnya

Giantfahri.com – Pertanggal 1 Mei menjadikan Hari Buruh Nasional di diadakan setiap tahunnya yang dimana para buruh akan menyuarakan suaranya pada saat melakukan demo, lalu kenapa 1 Mei dijadikan hari buruh nasional? Berdasarkan sejarah pada saat 1 Mei 1886 ada para buruh yang mogok massal di beberapa wilayah di Negri Paman Sam, lalu para pekerja menuntut untuk memperbaiki kesejahteraan dan jam kerja yang dipersingkat menjadi 8 jam perhari dari 15 jam perhari.

Lalu bagaimana Hari Buruh di Indonesia? Hari Buruh Indonesia jatuh pada tanggal 1 Mei yang selalu dilakukan aksi unjuk rasa di berbagai kota di Indonesia, lalu pemerintah menjadikan 1 Mei menjadi hari libur nasional.

“Di tengah pademi ini hari buruh yang biasanya dilakukan dengan aksi diganti menjadi kegiatan seperti bakti sosial dan penggalangan dana untuk membantu teman-teman buruh yang terdampak virus corona”. Ucap Presiden KSPI.

Dengan adanya virus covid-19 ini aksi buruh dilakukan secara virtual melalui media sosial apapun, berbeda dengan biasanya para buruh turun langsung ke tempat aksi, Hari Buruh Nasional tahun ini dilakuakan secara virtual dan juga sebagai bentuk penghormatan terhadap umat muslim yang sedang menjalankan ibada puasa.

Adapun tuntutan yang dilakukan para buruh sebagai berikut:

1. Menolak RUU Omnibus Law Hak Cipta Kerja

2. Menolak Buruh yang di PHK karena virus covid-19

3. Menerapkan WFH dengan gaji dan THR dibayar full

Aksi buruh kali ini mempunyai tema yaitu "Penggalangan Dana for Solidarity Pangan dan Kesehatan".

No comments for "Hari Buruh 1 Mei Diadakan Online? Serta Sejarah Singkatnya"