Widget HTML Atas

Pengertian dan Komponen - Komponen Storyboard

Pengertian dan Komponen Storyboard -  Kali ini kita membahas yang sudah tertera di judul ya, yaitu tentang apa sih pengertian dan komponen dari storyboard. Sebelum kita membuat projek, pasti kita mengalami langkah pra produksi yang dimana storyboard di kerjakan sebelum projek itu mengalami langkah produksi. Bagi sebagian orang masih belum mengetahui apa itu storyboard?. Langsung saja simak penjelasan singkat berikut ini
Pengertian dan Komponen Storyboard

Pengertian dan Komponen - Komponen Storyboard

1. Pengertian Storyboard

Storyboard adalah serangkaian sketsa yang dibuat berbentuk persegi panjang yang menjelaskan suatu jalan cerita elemen yang diusulkan untuk aplikasi multimedia yaitu animasi, film, game. Storyboard secara harfiah berarti dasar cerita, Storyboard didefinisikan sebagai area berseri dari sebuah gambar sketsa yang digunakan untuk menunjukan secara visual bagaimana aksi dari sebuah cerita berlangsung, dan akan menjadi dasar dari kelangsungan keseluruhan cerita nantinya. Storyboard menggabungkan alat bantu narasi dan visual pada selembar kertas sehingga narasi dan visual menjadi terkoordinasi.

2. Komponen - Komponen Storyboard

Pada umumnya penulisan komponen storyboard dan storyline menjadi satu kesatuan yang terdiri dari beberapa adegan yang tersusun didalamnya terdapat :
  • Potong - potongan adegan/gambar sketsa
  • Alur cerita yang menjelaskan gambar sketsa
  • Adegan yang berisi adegan karakter tertentu
Dengan adanya storyboard, projek yang kita buat akan lebih cepat selesai dan juga untuk mewujudkan visi artistik produk Multimedia yang akan di buat. Pada rencana pembuatan projek dalam storyboard pemain dan kru dalam menjalankan tugasnya masing - masing sehingga projek yang dibuat nya lebih cepat selesai.
Komponen - komponen penyusun storyboard yang harus ada pada template sebagai berikut:
  1. Judul : Berisi tentang judul, scene,dll
  2. Sub Judul : Berisi tentang pennjelasan take shot, lokasi, waktu pembuatan,dll
  3. Visual : Berisi tentang menyisipkan visual adegan atau foto,grafis,dll
  4. Audio : Berisi tentang suara/audio yang melengkapi nama dari file rekaman, dan bisa ditambahkan seperti efek suara
  5. Dialog/Action : Berisi tentang adegan yang di perankan oleh aktor secara detail dan pergerakan kamera dari segi angle, framing,dll
  6. Properties : Berisi tentang penjelasan wardrobe, property, dan durasi.

Penutup

Itulah pembahasan singkat mengenai apa itu pengertian storyboard dan komponen apa saja yang ada pada storyboard,  mudah - mudahan bisa bermanfaat buat pembaca kedepannya. Jika ada kesalahan kata atau penulisan mohon maaf. Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya.

1 comment for "Pengertian dan Komponen - Komponen Storyboard"