Senin, 16 September 2019

7 Waktu Doa yang Paling Cepat Diijabah

| Senin, 16 September 2019
   Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bagi setiap umat manusia, tidak luput yang namanya berdoa kepada sang khaliq untuk meminta sesuatu atau bersyukur kepadanya atas segala yang telah diberikan. Lalu kapan kita berdoa kepadanya? Kapan saja dan dimana saja jawabnya, karena untuk meminta dan bersyukur tidak pandang tempat dan waktu.
Bagi sebagian orang yang tidak sabar selalu bertanya tanya, kapan doa saya diijabah?, kapan doa saya dikabulkan? Dll. Yang seharusnya doa nya akan dikabulkan, karena sifat tergesar – gesah nya dan tidak mau sabar. Di tahan dulu apa yang diminta oleh orang itu, untuk melihat apakah umat nya sabar atau tidak.

Pembahasan kali ini adalah 10 waktu berdoa agar cepat diijabah atau dikabulkan, berikut penjelasan singkat tentang 10 waktu doa berikut ini:

7 Waktu Mustajab Berdoa :

1. Sepertiga Malam Terakhir

Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

“Waktu yang mana Allah sangat dekat dengan seorang hamba adalah pada malam yang terakhir. Oleh karena itu, jika kamu sanggup berada pada waktu tersebut sebagai orang yang berdzikir kepada Allah, maka lakukanlah.” (HR Tirmidzi, dishahihkan oleh syaikh al –Albani. Hadist ini diriwayatkan juga oleh Ibnu Khuzaimah, Nasa’I dan al-hakim)

Sepertiga malam terakhir adalah waktu yang bagus untuk melakukan ibadah kepada Allah seperti shalat tahajud dan berdzikir kepada Allah Ta’ala. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam surah Al-isra : 79 yang artinya

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah Sholat Tahajud, sebagai ibadah tambahan bagimu. Mudah – mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Lalu kapankah waktu sepertiga malah terakhir itu? Waktu malam dihitung dari tenggelamnya matahar,i yang berarti waktu malam dimulai sejak Magrib hingga waktu subuh atau terbitnya fajar. Apabila waktu magrib jam 18.00 dan waktu subuhnya jam 04.00. berarti waktu malam nya kira – kira jam 22.00, pertengahan malamnya kira – kira disekitar jam 23.00 - 23.30. Lalu sepertiga malamnya kira – kira dimulai jam 00.30 - 01.00.

2. Pada Akhir Sholat Fardhu

Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Seorang laki-laki mendatangi Rasullulah lalu bertanya,”Sholat apa yang paling baik ya Rasullulah?”, Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam menjawab,”Sholat di tengah malam”, lalu laki-laki tersebut kembali bertanya,”Doa apa yang paling didengar?” Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam menjawab,”Doa diakhir Sholat Fardhu”. (HR Ibnu Abi Ad-Dunya, Jami’ ‘Ulum wa al-Hikam, 1:143-144).

Ada beberapa hadist lagi, salah satu nya adalah dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Jika salah seorang diantara kalian bertasyahud, maka mintalah perlindungan kepada Allah dari empat perkara yaitu dari siksa Jahanam, Siksa kubur, Fitnah hidup dan mati, dan dari kejelekan al-Masih ad-Dajjal, kemudian hendaklah ia berdoa untuk dirinya sendiri dengan doa apa saja yang dia inginkan.” (HR an-Nasa’I no. 1310. Syaikh al-Abani mengatakan bahwa hadist ini shahih). Doa sebelum salam sebaiknya doa yang diajarkan atau doa yang berasal dari Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam.

3. Diantara Waktu Adzan dan Iqomat

Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Doa antara waktu adzan dan iqomat tidak tertolak” (HR Tirmidzi dan dishahihkan oleh Syaikh al-Abani).

Maka dari itu, kita dianjurkan berdoa diantara adzan dan iqomat karena doa di waktu tersebut adalah doa yang kemungkinan di dengar. Janganlah kita bercanda atau berbicara pada waktu ini, pergunakanlah waktu ini untuk berdoa dan berdzikir kepada Allah.

4. Ketika Turun Hujan

Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Ada 2 doa yang tidak tertolak, yaitu pada saat adzan berkumandang dan saat turunnya hujan.” (HR al-Hakim, 2534, dishahihkan al-Albani di shahihkan al-Jami’ 3078).

Adapun orang yang mengeluh ketika turun nya hujan, itu tidak baik ya. Jika saja Allah tidak menurunkan hujan kepada kita, maka kuranglah air didunia ini. Kurang nya air bisa menyebabkan kekeringan yang berkepanjangan yang membuat sulit untuk panen, dll. Maka dari sekarang, pada saat hujan berdoalah karena doa di saat hujan didengar nya doa doa kita.

5. Waktu Ashar di Hari Jum’at

Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Di hari jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seseorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, maka Allah akan berikan apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah ashar.” (HR Ahmad 7631 dan di nilai shahih Syuaib al-Arnauth).

Hendaklah kita berdoa mengucap syukur atau meminta sesuatu pada waktu setelah ashar di hari jumat, karena waktu tersebut adalah waktu-waktu di dengarnya doa doa kalian. Janganlah langsung pulang setelah selesai sholat ashar karena tidak ada ba’diah ashar, berdoalah diwaktu tersebut pada hari jumat, supaya doa doa kita di kabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, Aamiin

6. Pada Saat Sujud Dalam Sholat

Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Keadaan yang paling dekat seorang hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud dalam solat. Oleh karena itu perbanyaklah berdoa ketika sujud dalam sholat.” (HR Muslim)

Mungkin semua umat muslim yang beriman sudah banyak mengetahui tentang mudah didengarnya doa kita ketika sujud. Karena ketika kita sujud, kita merendahkan diri kita kepada sang pencipta yaitu Allah Subhanahu wa Ta'ala, karena tidak ada yang patut disembah selain kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. Pada saat sujud, sebaiknya menggunakan doa-doa yang ada didalam hadist Nabi.

7. Seseorang yang Hendak Tidur Dalam Keadaan Yang Suci dan Dia Terbangun di Malam Hari Lalu Berdoa

Rasullulah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya:

“Sesorang muslim yang tidur setelah berdzikir dan dalam keadaan suci, lalu ia bangun di malam hari, kemudian berdoa kebaikan dunia dan akhirat kepada Allah, maka Allah akan mengabulkan doanya.” (HR Abu Daud, dan dishahihkan oleh Syaikh al-Abani)

Yang dimaksud bersuci adalah berwudhu dan terhindar dari najis, maka dari itu seorang muslim hendaklah tidur dalam keadaan bersuci dan membaca doa serta ayat kursi, karena pada saat kita bersuci, berdoa dan membaca ayat kursi saat sebelum tidur Allah menyuruh malaikat untuk melindungi kita sepanjang malam dari kejahatan sihir malam sampai terbangun diwaktu subuh. Dan apabila kita terbangun di malam hari lalu berdoa kepada Allah, maka Allah akan kabulkan doa nya.

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan mengenai waktu berdoa yang mudah didengar atau dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, saya harap artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yang membaca blog saya. Apabila ada kata-kata yang keliru atau kurang bagus bagi kalian ,mohon koreksi ya di kolom komentar. Terimakasih sudah berkunjung diblog saya jika kalian tertarik dengan blog saya ini, kalian bisa share ke social media kalian atau ke temen-temen kalian ya, Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh





Related Posts

Tidak ada komentar: