Anjuran Pemerintah Dirumah Aja, Mending Puasa Syaban Yuk Berikut Niat, dan Manfaat Dari Puasa Syaban

Giantfahri.com – Bagi umat muslim puasa merupakan kewajiban dalam menjalankan suatu perintah yang sudah ada dari zaman para nabi, puasa juga merupakan salah satu rukun islam yang wajib kita jalani. Tetapi puasa yang wajib disini adalah puasa ramadhan berbeda dengan puasa Syaban yang dimana puasa ini merupakan puasa sunnah, hari kamis 26/03/20 kita sudah memasuki bulan syaban yang di dalamnya banyak keutamaan yang salah satunya adalah puasa sunnah syaban.

Niat Puasa Syaban Bagi Yang Ingin Berpuasa

“ Saya Niat Berpuasa Sunnah Sya’ban Karena Allah Ta’ala”

“Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnati Sya'bana lillahi ta'ala” 


Baca Juga : 7 Waktu Doa yang Paling Cepat Diijabah
Berapa Banyak Kita Berpuasa Di Bulan Syaban

Berikut beberapa dari pandangan ulama tentang berapa hari nabi berpuasa di bulan syaban yang cukup beragam :

1. Puasa Sebulan Penuh


Beberapa riwayat menjelaskan bahwa nabi melakukan puasa sunnah syaban sebanyak satu bulan penuh riwayat dijelaskan diantaranya :

“Dari Abu Salamah , bahwa Aisyah telah memberitahunya, ”Rasulullah tidak pernah berpuasa pada suatu bulan yang lebih banyak daripada bulan Sya’ban, sesungguhnya beliau berpuasa Sya’ban sebulan penuh…” (HR Bukhari )”.

2. Berpuasa Sebanyak-banyaknya , akan tetapi kurang dari satu bulan

Riwayat ini tidak menjelaskan bahwa nabi melakukan puasa sunnah syaban sebanyak satu bulan penuh tetapi beliau mengerjakan sebanyak mungkin riwayat dijelaskan diantaranya :

“Seperti dinarasikan Aisyah, "Rasulullah SAW sempat puasa beberapa hari hingga kami berpikir dia akan terus melakukannya. Kemudian, Rasulullah SAW tidak puasa selama beberapa hari dan kami mengira dia tidak akan puasa lagi. Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menyelesaikan puasa hingga satu bulan kecuali saat Ramadhan, dan aku tidak pernah melihatnya berpuasa sebanyak di bulan Sya'ban." (HR Abu Daud)”.

3. Puasa Sehari atau Dua Hari Saja

Apabila kalian lupa untuk menjalankan puasa sunnah syaban makan di penghujung bulan syaban berpuasa satu atau dua hari riwayat dijelaskan diantaranya :

“Imran bin Hushain berkata,”Rasulullah pernah bertanya kepada seorang laki-laki,’Apakah kamu telah puasa di penghujung bulan Sya’ban ini?’ Ia menjawab,’Tidak’. Sebelum datangnya Ramadhan, maka puasalah sehari atau dua hari.” (HR Muslim)”.
Lalu sebagai umat muslim kita diharapkan tidak ada kesulitan dalam menjalankan ibadah puasa sunnah syaban ini, apalagi kita sudah dianjurkan dirumah oleh pemerintah sehingga tidak ada aktivitas berat yang kita kerjakan dan memiliki manfaat yang baik-baik diantaranya :

1. Diangkatnya Amalan-Amalan Kita

Bulan syaban merupakan bulan yang dimana amalan-amalan kita diangkat, nabi tidak pernah berpuasa sebanyak di bulan syaban dan bulan yang jarang diperhatikan oleh orang-orang , dijelaskan diantaranya :

“Usamah bin Zaid berkata. "Ya Rasulullah SAW, aku tidak pernah melihatmu berpuasa sebanyak di bulan Sya'ban." Rasulullah SAW berkata, "Ini adalah bulan yang tidak banyak diperhatikan orang-orang antara Rajab dan Ramadhan. Ini adalah bulan saat berbagai amalan diangkat kepada Allah SWT. Aku suka amalanku diangkat saat sedang berpuasa." (HR Imam An-Nasa'i)”.

2. Berharap Mendapatkan Ridho Allah SWT

Riwayat ini menjelaskan bahwa nabi member tahu kepada umatnya kalau Allah SWT tidak sungkan member ridho hambanya dalam melakukan amalan baik apalagi jika dilakukan secara rutin. Dijelaskan diantaranya :

“Seperti diceritakan Aisha, Rasulullah SAW tidak pernah berpuasa sebanyak di bulan Sya'ban. Rasulullah SAW biasa berkata, "Lakukan amal yang mudah dilaksanakan, karena Allah SWT tidak pernah lelah memberikan balasan hingga kamu capek dan bosan beribadah." Ibadah yang paling dicintai Rasulullah SAW adalah yang dilakukan rutin sepanjang hidup meski sedikit. Tiap kali Rasulullah SAW beribadah dia melakukannya dengan rutin”.

Baca Juga : Ternyata Tidak Terlalu Susah Membuat Hand Sanitizer

Dengan adanya virus Covid-19 ini kita lebih dekat dengan Allah SWT dengan menjalankan beberapa amalan yang dianjurkan yang salah satunya adalah puasa sunnah syaban ini dengan tidak keluar rumah. Apabila kita mendekatkan diri kepada Allah SWT yang memberikan kekuatan, penyakit, obat, dan segala kekuasaan nya Insyaallah kita terhindar dari virus yang marak terjadi akhir-akhir ini. Mudah-mudahan amalan kita bisa diterima oleh Allah SWT dan semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua sebagai mana dijelaskan sebaik-baiknya orang adalah orang yang bermanfaat bagi orang banyak.

No comments for "Anjuran Pemerintah Dirumah Aja, Mending Puasa Syaban Yuk Berikut Niat, dan Manfaat Dari Puasa Syaban "