Kamis, 19 September 2019

Fakta - Fakta Tentang Nasi Putih

| Kamis, 19 September 2019
Giantfahri.com - Bagi orang Indonesia, nasi adalah makanan pokok yang biasa disajikan diatas meja makan hampir setiap rumah di Indonesia. Bahkan ada sebagian orang yang beranggapan bahwa kalau kita belum makan nasi, berarti kita sama saja belum makan walaupun kita sudah banyak makan. Selain itu, nasi juga tidak terlalu mahal untuk di beli dan tidak terlalu sulit untuk dimasak. Dengan nasi, kita bisa membuat berbagai macam variasi seperti hal nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning dan lain sebagainya.
Nasi putih juga mengandung karbohidrat yang dimana kandungan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, karena karbohidrat adalah sebagai sumber utama bagi tubuh seseorang. Yang nantinya karbohidrat ini akan dipecah menjadi gula lalu diserap oleh saluran pencernaan kita dan masuk ke aliran darah yang nantinya menjadi glukosa (gula dalam darah).

Beberapa Fakta Tentang Nasi Putih

Nasi Putih Mengandung Kolesterol?

Nasi putih tidaklah mengandung kolesterol, karena makanan kolesterol tidak berasal dari nasi melainkan dari hewan. Seperti daging, ikan dan sejenisnya, telor,dan lain sebagainya, makanan ini lah yang mengandung kolesterol. Makanan yang tinggi kolesterol lainnya adalah seperti usus, ati, babat, dan jeroan lainnya. Intinya nasi tidak mengandung kolesterol ya.

Nasi Putih Mengandung Gula?

Bagi yang menderita diabet atau kencing manis, disarankan untuk mengambil dan memakan nasinya dibatasi atau dikurangi. Ya karena nasi putih mengandung gula, seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi. Lalu banyak anggapan orang, saya sering makan nasi kenapa tidak terasa rasa manis? Lalu kandungan gulanya dari mana? Hmmm iya juga sih, jawabnya, karena yang mengunyah nasi cenderung tidak terlalu lama, jika kalian mengunyah nasi tersebut sedikit lama, maka akan terasa manis dari nasi tersebut.

Karena didalam nasi terdapat kandungan yang bernama pati. Ketika nasi memasuki mulut terdapat Enzim Amilase yang mana enzim ini terdapat pada air liur kita, lalu enzim ini akan merubahnya menjadi gula (glukosa), itulah yang menyebabkan gula darah bisa meningkat. Dan nasi mengandung sumber energi karbohidrat yang tidak bagus jika dimakan atau konsumsi secara berlebihan. Tapi tidak juga nasih sih ya, semua yang berlebihan juga tidak baik. 

Baca Juga : Bahayakah Mengkonsumsi Mie Instan Tiap Hari

Nasi Putih Bikin Gemuk?

Balik lagi ke diri kita sendiri, bagaimana cara kita mengonsumsi nasi. Jika kita mengonsumsi nasi terlalu banyak kemungkinan kita akan gemuk juga bisa, karena setiap 100 gram dari nasi putih mengandung 130an kalori. Bagi yang belum tau, rata-rata orang dewasa membutuhkan 1900-3000 kalori. Jika anda makan nasi yang banyak dan minuman yang mengandung banyak kalori serta makanan penutup yang manis-manis, maka kalori akan melebihi rata-rata yang dibutuhkan. Kalori yang berlebihan itu, akan disimpan sebagai lemak.

Apakah Nasi Putih Berbahaya?

Tentu saja nasi putih tidak berbahaya, kalau bahaya sudah tidak lagi menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia dan pemerintah kita sudah membuat larangan untuk memakan nasi putih. Yang bahaya jika nasi putih yang kita konsumsi atau yang kita makan itu berlebihan dan tidak dikontrol.

Nasi Putih Mengandung Lemak?

Iya memang nasi putih itu mengandung lemak, tetapi lemak yang dihasilkan oleh si nasi putih sangat sedikit sekali, kebanyakan bagi orang yang diet mereka itu selalu menghindari nasi putih. Nyatanya nasi putih itu sangat sedikit mengandung lemak, mengonsumsi nasi berlebih tidak di imbangi dengan olahraga, maka energi yang terkandung dalam nasi nantinya yang akan menjadi lemak.

Nasi Putih Mengandung Protein?

Nasi putih memang mengandung akan protein, tetapi sekali lagi protein yang terkandung dalam nasi jumlahnya sedikit sekali. Jika anda mengandalkan protein dalam nasi, sebaiknya jangan sebab yang sudah saya jelaskan tadi, protein nya sedikit sekali. Kalau mau yang tinggi protein anda bisa mencari dari daging, ikan, telor dan lain sebagainya. Tubuh kita juga tetap akan kekurangan protein apabila kita tidak mengimbangi makan makanan yang sumber akan protein seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Sekain dari saya tentang fakta-fakta nasi putih. Apabila kalian suka dengan artikel saya, kalian bisa share ke temen-temen kalian, dan jika ada salah kata atau keliru dalam penulisan saya mohon di maafkan. Mudah-mudahan artike ini bisa bermanfaat bagi kalian semua yaa, terimakasih sudah berkunjung di blog sayaa..

Related Posts

Tidak ada komentar: